Produksi layar kaca Korea sudah mulai booming di Indonesia kira-kira sejak tahun 2000-an. Ingat ‘Jewel in the Palace’ dengan Jang-Geum beserta masakan tradisional kerajaan? Atau ‘Autumn in My Heart’ tentang cerita klasik putri yang tidak sengaja tertukar? Kalau kalian sudah menggandrungi drama Korea sejak lama, pasti tidaklah asing dengan drama-drama lawas tersebut.

Mendengar kata ‘Korea’, biasanya orang-orang mengasosiakannya dengan drama cinta-cintaan yang kelewat manis, pemeran yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng, serta plot cerita dengan akhir jelas tertebak tapi tetap bikin para penggemar -yang kebanyakan wanita- tidak bisa berhenti menonton. Padahal produksi layar kaca negeri ginseng tidak melulu tentang hal-hal romantis loh.

Malah beberapa tahun terakhir, jajaran sinema box office Korea Selatan diisi film-film bergenre action yang mayoritas bercerita mengenai kriminalitas dan penegakan hukum. Tren dengan genre tersebut merambah dari layar lebar ke layar kaca.

Drama dengan rating tinggi, digandrungi khalayak pun kini menyelipkan unsur action berdamping romansa. Drama dari saluran nasional ataupun  dari TV kabel berlomba menyajikan plot menjanjikan dan aksi laga apik yang sukses membuat penonton tak sabar menunggu kelanjutannya setiap minggu. Salah satu saluran dari TV kabel Korea Selatan pun mengkhususkan diri memproduksi drama dengan genre tersebut, semacam channel Fox Crime namun versi Korea.

Kalau kalian termasuk penggemar film atau serial berbau kriminal seperti CSI dan sekawannya, rekomendasi berikut mungkin bisa masuk dalam watchlist kalian. Namun jangan dulu skeptis dengan paradigma bahwa produksi Korea biasanya hanya soal cinta-cintaan saja.

Film

Master (2017)

Kang Dong-Won berperan sebagai ketua tim investigasi yang berusaha menangkap Lee Byung-Hun serta antek-anteknya karena kasus penipuan besar-besaran di bawah kedok perusahaan bernama One Network.

Fabricated City (2017)

Bagaimana rasanya tahu-tahu dijebak sebagai seorang pembunuh? Ji Chan-Wook yang hanya seorang pengagguran dan pecandu game suatu hari harus menjadi tersangka pembunuhan akibat bukti-bukti yang dimanipulasi.

A Violent Prosecutor (2016) 

Hwang Jung-Min terkenal sebagai jaksa dengan tangan ringan. Berada di waktu yang tidak menguntungkan, dirinya pun dituduh sebagai penyebab kematian salah seorang tersangka yang tengah melalui investigasi. Tak terima menjadi korban permainan politik kotor, Hwang Jung-Min bersama Kang Dong-Won seorang penipu handal yang menjadi tangan kanannya, siap untuk mengungkap kebenaran.

Veteran (2015)

Dengan uang, bahkan hukum pun bisa dibeli. Yoo Ah-In dengan segala hak khusus sebagai pewaris perusahaan besar berusaha menutupi kejahatan yang dilakukannya. Namun Hwang Jung-Min, detektif berpendirian keras, enggan berkompromi perihal keadilan tanpa memandang siapapun yang mesti dihadapinya.

The Con Artist (2014) 

Kim Woo-Bin adalah seorang pembobol brankas handal. Demi mencuri berlian mahal, Lee Hyun-Woo seorang hacker ahli pun direkrut dalam komplotannya. Kim Young-Chul, pemilik dari toko perhiasan yang juga seorang mafia pun lantas mempekerjakan komplotan tersebut untuk rencana pencurian besar-besarannya.

The Suspect (2014)

Sebelum berubah menjadi Om Goblin, Gong Yoo berperan sebagai agen lapangan Korea Utara yang tiba-tiba dibuang ditengah-tengah misi, karena keluarganya ikut terancam, Gong Yoo pun membelot dari perintahnya.

Cold Eyes (2013)

Han Hyo-Joo, seorang anggota rekrut yang baru masuk dalam sebuah tim kepolisian khusus. Jong Woo-Sung yang seorang kriminal berpengalaman berniat mengakhiri karirnya, berusaha melarikan diri sebelum tim kepolisian khusus tersebut menangkap jejaknya.

 

Drama

If you’re in for a long ride and puzzle, mungkin kamu bisa mencoba rekomendasi berikut.

Voice (2017)

Bercerita mengenai Lee Ha-Na yang memanfaatkan kemampuan pendengaran di atas rata-ratanya sebagai seorang polisi yang bekerja di emergency call center bersama Jang Hyuk, detektif handal yang kembali menangani kasus kriminal setelah kematian istrinya yang ternyata terjadi bersamaan dengan kematian ayah Lee Ha-Na. Keduanya pun bekerja sebagai tim dan berusaha mengungkap konspirasi dibalik kasus kematian orang tersayang mereka.

Total Episode: 16

Signal (2016)

Lee Je-Hoon adalah seorang polisi dan profiler kriminal. Namun, sebuah kejadian pada masa lalu membuatnya sulit menaruh kepercayaan penuh pada kepolisian. Suatu saat, dirinya mendengar suara seseorang melalui walkie-talkie yang ternyata adalah suara Choi Jin-Woong, detektif dari masa lalu yang tengah menginvestigasi kasus  yang sama dengan yang mengganggu kepercayaan Lee Je-hoon pada kepolisian.

Total Episode : 16

Tunnel (2017)

Pembunuh berantai tiba-tiba meneror ketenangan sebuah kota kecil pada tahun 1986. Cho Jin-Hyuk adalah salah satu anggota kepolisian yang berusaha keras memecahkan kasus tersebut. Ketika akhirnya hampir menangkap sang tersangka, dirinya malah terlempar ke masa depan. Pembunuhan yang sama persis pun kembali terjadi meski 30 tahun telah berlalu. Bersama Yoon Hyun-Min sebagai partner, keduanya berusaha menyelasaikan kasus lama yang tidak pernah terselesaikan tersebut.

Total Episode : 16

Gimana? Mulai tertarik untuk mencoba nonton beberapa rekomendasi di atas? Kalau begitu, selamat mencoba! Oh iya, awas ketagihan!