Bagi kalian warga Jakarta dan sekitarnya, setiap melintasi jalanan Ibukota, pernahkan menyadari adanya pasukan-pasukan dengan seragam warna tertentu? Oranye mungkin?

Nah, selain pasukan oranye yang mungkin sering kalian lihat, masih ada lho pasukan warna lain. Mereka tentunya memiliki tugas masing-masing. Kenalan yuk!


Pasukan Pink

Ribuan orang ditugaskan untuk mengelola ratusan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang tersebar di beberapa kelurahan di Jakarta. Pasukan yang dinamai pasukan pink itu sebenarnya adalah mereka yang direkrut untuk mengelola RPTRA. Ide untuk RPTRA berasal dari Ibu Vero (istri Ahok) dan Pak Ahok, kemudian dibicarakan bersama Bu Happy (istri Djarot) dan sebagai ujung tombaknya dinas PPAPP.

Pasukan Pink

Peresmian Pasukan Pink digelar pada 10 Oktober 2017, bertepatan dengan peresmian 100 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) // CNN Indonesia

Pasukan Ungu

Pasukan satu ini terbilang unik dan terobosan baru. Mengapa? Berada dibawah pengawasan Dinas Sosial, Pasukan Ungu bertugas menangani masyarakat yang terlantar dan pikun yang ada di daerah Jakarta. Mereka terdiri dari dokter, perawat, kader Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan relawan Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI).

Pasukan Ungu

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bekerja sama dengan Yayasan Alzheimer’s Indonesia (ALZI), meresmikan Pasukan Ungu dalam rangka mewujudkan Kota Jakarta yang ramah demensia dan lansia // Harnas.co

Pasukan Putih

Melalui Dinas Permodalan dan Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP), Pemprov DKI membentuk satuan tugas yang dijuluki Pasukan Putih. Tugas mereka melakukan antar-jemput izin bermotor (AJIB). Pembentukan pasukan itu dilakukan selain untuk meningkatkan pelayanan, juga untuk memotong calo perizinan yang marak ditemukan saat pengurusan perizinan.

Dengan adanya petugas itu, masyarakat tak perlu repot datang ke PTSP jika hendak memproses perizinan. Para petugas akan datang ke rumah atau ke perusahaan yang hendak melakukan perizinan. Layanan antar jemput perizinan tersebut dilakukan secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya. Masyarakat bisa menggunakan layanan tersebut dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi AJIB di aplikasi Google Play Store maupun aplikasi unduhan di ponsel pintar lainnya.

Pasukan Putih

Mengenal Pasukan Putih, Petugas Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) yang memudahkan warga Jakarta dalam mengurus perizinan/non-perizinan // @DKIJakarta

Pasukan Oranye

Pasukan berseragam jingga ini cukup menarik perhatian masyarakat Jakarta. Pasukan ini adalah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang bertugas membersihkan lingkungan dari tumpukan sampah. Tapi jangan salah, lebih dari itu mereka mengerjakan segala sesuatu yang menyangkut prasarana dan sarana yang berada dibawah tanggung jawab lurah setempat. Tugas mereka menangani masalah darurat dan kecil.

Pasukan Oranye

Mereka mengerjakan segala sesuatu yang menyangkut prasarana dan sarana yang berada dibawah tanggungjawab lurah setempat // YouTube

Pasukan Kuning

Berada di bawah naungan Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Pasukan Kuning bertugas menangani sarana jalan seperti membetulkan jalan rusak atau berlubang. Mereka yang bertugas memastikan agar fasilitas publik tersebut berfungsi optimal.

Pasukan Kuning

Pasukan Kuning memastikan agar fasilitas publik tersebut berfungsi optimal // Bina Marga DKI

Pasukan Biru

Biru biasanya merepresentasikan air dan begitulah alasan warna biru dipilih sebagai nama pasukan ini. Merupakan Pekerja Harian Lepas (PLH) Dinas Tata Air Jakarta. Pasukan Biru bertugas mengelola tata air seperti membersihkan luapan air ketika terjadi genangan atau banjir di Jakarta. Salut!

Pasukan Biru

Pasukan Biru bertugas mengelola tata air seperti membersihkan luapan air ketika terjadi genangan atau banjir di Jakarta // @DKIJakarta

Pasukan Hijau

Berada dibawah naungan Dinas Pertamanan dan Pemakaman. Pasukan Hijau diterjunkan dengan tugas menghijaukan kota Jakarta, mengurus taman-taman dan ruang terbuka hijau. Ada juga mereka yang bertugas mengurus pemakaman.

Pasukan Hijau

Pasukan Hijau mengurusi taman-taman dan ruang terbuka hijau // YouTube-Partai Solidaritas Indonesia


Setelah baca, jadi sadar ya kalau ternyata Jakarta bisa jadi panutan. Sisi baik Jakarta ini semoga bisa ditiru oleh pemerintah daerah lain. Ngomong-ngomong, coba temukan pasukan diatas, dan cocokin, bener nggak warna seragam dengan tugas mereka yang dibahas diatas?